Penyebab Keputihan Dan Penanggulangannya Pada Wanita – Masalah keputihan sudah menjadi hal yang biasa dan wajar terjadi pada setiap wanita. wanita muda, tua, remaja bahkan wanita hamil pun bisa mengalami keputihan. Keputihan ini merupakan sebuah masalah yang terjadi pada organ intim wanita.

Keputihan terdiri dari dua jenis, yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. Keputihan normal ditandai dengan keluarnya cairan berwarna bening, tidak berbau dan tidak mengakibatkan gatal. Kalau keputihan tidak nmal, ditandai dengan cairan yang keluar berwarna kuning, kehijauan atau abu-abu. Jenis keputihan ini bisa mengakibatkan gatal, mengeluarkan bau tidak sedap, bahkan panas juga pedih di sekitar organ initm wanita.

Keputihan Pada Wanita

Penyakit Keputihan ini terjadi karena adanya infeksi di dalam vagina, yang disebabkan oleh virus, bakteri, kuman, jamur dan parasit. Penyebab dan penanggulangannya pada wanita ini bisa dengan memperhatikan kebersihan organ intim kewanitaan dan menjaga pola hidup sehat untuk terhindar dari sakit ini.

Coba perhatikan kebersihan organ intim wanita anda dengan benar. Ketika akan memebrsihkan, perhatikan air yang akan digunakan, bila anda menggunakan bak atau ember untuk menampung air. Tapi sebaiknya, anda gunakan air yang langsung saja dari keran air. Karena, bila tempat air yang anda gunakan kotor atau jarang dibersihkan, biasanya akan menampung bakteri dan kuman yang bisa menjadi penyebab keputihan.

Penyebab Keputihan Lain

Ketika anda membersihkan vagina, sebaiknya perhatikan cara membersihkannya ayng benar. Hal ini bisa menjadi penyebab keputihan dan penanggulangannya pada wanita itu membersihkannya dengan cara yang benar. Ketika akan membasuh vagina, lakukan pemebrsihan dari arah depan ke belakang.

Jangan sebaliknya. Karena, kuman dan bakteri yang terdapat dalam anus, akan berpindah ke bagian vagina. Setelah itu, sebaiknya lap vagina dengan menggunakan tissue atau lap khusus, agar tidak terjadi lembab yang berlebih. Perlu anda ketahui, lembab di daerah organ intim, kuman dan bakteri akan betah dan bertumbuh disana, kemudian terjadilah keputihan. Maka berhati-hatilah dalam membersihkan organ intim.

Keputihan itu bisa terjadi karena kelelahan atau stress. Penyebab keputihan dan penanggulangannya pada wanita ini bisa dengan melakukan relaksasi atau olahraga. Bila anda orang yang sibuk, disarankan untuk menyempatkan 30 menit saja untuk lari dalam seminggu. Jika tidak, anda bisa melakukan jalan kaki atau jalan cepat, hal ini juga akan menyegarkan tubuh, dan tentunya baik untuk kesehatan. Selain itu, anda bisa memperhatikan asupan makanan yang biasa anda konsumsi. Hindari makanan yang mengandung banyak gula, lemak berlebih dan mengandung minyak yang berlebih. Karena disinyalir, beberapa jenis makanan ini akan menumbuhkan bakteri yang berlebih, yang bisa menjadi pencetus keputihan.

Kebiasaan tidak mengganti celana dalam, merupakan salah penyebab keputihan dan penanggulangannya pada wanita untuk sering menggantinya. Karena, celana dalam yang jarang diganti, akan membuatnya kotor dan bisa menumbuhkan bakteri dan jamur. Hal ini tentu pasti akan menyebabkan keputihan timbul.

Selain itu, jarang mengganti pembalut juga bisa menjadi penyebab keputihan dan penanggulangannya pada wanita dengan sering menggantinya. Ketika sedang menstruasi, disarankan anda mengganti maksimal setiap 6 jam sekali. Karena, pembalut yang terlalu lama dipakai, akan menampung banyak air didalamnya. Hal ini membuat betah bakteri dan kuman bersarang dan tumbuh didalamnya. Hal ini tentu tidak baik, karena akan menimbulkan keputihan.

Cara Menangani Keputihan Tidak Normal

Berikut ini kami jelasan bahwa ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan secara mandiri untuk cara menangani keputuhan yang tidak normal ataupun masih tahap-tahap gejala simak dibawah ini :

  • Kompres dingin untuk meredakan gatal dan pembengkakan
    Konsumsi yoghurt bila Anda sedang dalam pengobatan antibiotik agar menurunkan risiko terkena infeksi jamur.
  • Gunakan krim atau gel antijamur jika memang keputihan disebabkan infeksi jamur.
  • Gunakan kondom atau tunda hubungan seksual hingga sepekan setelah pengobatan.
  • Bila keputihan yang tidak normal berlangsung lebih dari seminggu setelah pengobatan mandiri, periksakan diri Anda ke dokter.
  • Bila ada tanda-tanda bahaya, juga segera periksakan diri Anda ke dokter. Dokter akan memberikan penanganan berdasarkan penyebab keputihan Anda.

Tanda-tanda keputihan yang berbahaya antara lain: timbul bau yang menyengat, gatal dan kemerahan pada vagina dan area sekitarnya, pendarahan atau bercak di luar masa menstruasi, keputihan berubah warna menjadi hijau atau kuning, keputihan menjadi tebal atau lengket.

Cara Mencegah Penyakit Keputihan

Untuk menghindari terjadinya keputihan yang tidak normal, berikut beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan:

  • Jaga agar vagina tetap kering dan tidak lembap dengan selalu mengeringkannya setelah buang air kecil. Menjaga agar vagina tetap kering
  • Menggunakan celana yang tidak terlalu ketat.
  • Tidak terlalu sering menggunakan stoking.
  • Kenakan celana dalam berbahan katun, bukan sintetis. Celana dalam katun memungkinkan lebih banyak udara ke vagina dan mencegah lembap.
  • Tidak mengenakan celana dalam saat tidur di malam hari.
  • Basuh kemaluan dari depan ke belakang setelah buang air kecil bukan sebaliknya.
  • Vagina sebenarnya adalah organ yang dapat membersihkan diri sendiri. Menggunakan cairan pembersih vagina justru berisiko merusak keseimbangan alami bakteri dan jamur di dalamnya. Ketidakseimbangan ini akan memicu vaginosis bakterial. Untuk membersihkan vagina, gunakan air hangat dan sabun yang tidak beraroma kuat. Namun sebisa mungkin, hanya gunakan air saja.
  • Hindari penggunaan parfum, bedak pada vagina. Penggunaan parfum dan sabun dapat menyebabkan nyeri pada vagina dan keluarnya cairan vagina yang tidak normal.
  • Selain itu hindari penggunaan bahan-bahan berikut yang dapat membuat iritasi dan menyebabkan keluarnya cairan tidak normal dari vagina
  • Penggunaan pelembut atau detergen yang beraroma kuat saat mencuci celana dalam.
  • Pembalut beraroma/berparfum.
  • Tisu toilet beraroma.
  • Konsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang.
  • Konsumsi yoghurt atau suplemen yang mengandung laktobasilus.
  • Hindari terlalu sering berendam dalam air panas.
  • Cuci pakaian dalam dengan air hangat.
  • Ganti pembalut secara teratur saat datang bulan.
  • Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jagalah kebersihan daerah intim Anda agar terhindar dari infeksi yang menyebabkan keputihan tidak normal.

Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Keputihan

Keputihan merupakan masalah pada organ wanita yang jangan disepelekan. Masalah yang satu ini bila tidak diperhatikan, ternyata bisa menjadi penyebab penyakit kanker dan kemandulan. Jadi, sebagai wanita anda tentu harus lebih memperhatikan dan menjaga dengan baik organ kewanitaan anda.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari organ wanita yang berwarna putih atau bening, tida menimbulkan bau dan tidak membuat gatal. Keputihan ini bisa terjadi setiap wanita, tidak memandang usia, tua, muda, remaja bahkan wanita hamil pun bisa mengalaminya.

Keputihan ini bisa terjadi ketika anda stress, kecapean, saat hamil, pada saat sebelum menstruasi dan sesudah menstruasi. Jagalah kebersihan organ wanita anda dengan benar, bisa ketika anda menstruasi dalam pemakaian pembalut. Terkadang mengganti pembalut akan membuat anda malas sering menggantinya. Sebenarnya, memakai pembalut lama-lama bisa membuat organ wanita anda lembab, hal ini tentu akan menjadi pencetus terjadinya masalah keputihan. Begitu juga saat anda memakai pentilainer, memang bagus memakai pentilainer pada saat terakhir masa menstruasi dan pada saat keputihan. Tapi, anda harus juga memperhatikan dalam pemakaiannya. Seringlah mengganti pentilainer seperti anda memakai pembalut ketika menstruasi, hal ini juga bisa membuat lembab organ intim anda.

Banyak obat yang bisa anda beli dipasaran untuk mengatasi masalah keputihan anda ini, namun alangkah baiknya anda memakai ramuan tradisional untuk keputihan agar lebih aman. Dengan menggunakan bahan alami dari alam, tentu anda juga akan lebih aman memakainya, dan bagus untuk kesehatan organ intim. Pertama, anda bisa memakai daun sirih sebagai bahan utama. Caranya, dengan merebus 10 lembar daun sirih, yang sebelumnya tentu harus dicuci dengan bersih. Tunggu sampai air rebusan mendidih, kemudian tiriskan dan tunggu air sampai agak dingin atau hangat. Hasil rebusan ini bisa dipakai untuk diminum dan dipakai sebagai air pembersih ketika anda buang air kecil. Daun sirih ini dipercaya mampu menghilangkan keputihan anda.

Namun perlu diperhatikan, ramuan tradisional untuk keputihan dari daun sirih ini jangan terlalu sering digunakan, karena bisa menghilangkan tingkat keasaman pada organ intim wanita. Ramuan tradisional untuk keputihan selanjutnya bisa menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memang sudah dipercaya mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Sekarang, sudah banyak produk kecantikan yang memakai bahan lidah buaya, misalnya saja shampo, atau lotion tubuh. Selain itu, lidah buaya ternyata bisa menjadi salah satu bahan alami yang bisa menyembuhkan keputihan. Caranya, dengan mengambil bagian dalamnya lidah buaya, kemudian blender hingga halus. Hasil lidah buaya yang diblender ini bisa direbus dengan menggunakan air, tunggu sampai mendidih. Setelah selesai, anda bisa menyimpannya terlebih dahulu, dan tunggu sampai airnya hangat atau dingin. Air ini bisa diminum secara langsung, anda juga bisa menambahkan madu.

Ramuan tradisional untuk keputihan lainnya, dengan menggunakan buah delima. Buah ini dipercaya memiliki vitamin C yang tinggi, dan juga ternyata baik sebagai perawatan daerah organ wanita. Caranya dengan mengambil kulit delima sebanyak 30 gram yang sudah kering, kemudian cuci sampai bersih. Kemudian, rebus ke dalam air kurang lebih 600 cc. Setelah selesai, anda bisa meminumnya secara langsung dan diminum sebanyak 2 kali sehari.

Itulah penjelasan tentang keputihan, maka jika anda sudah mengalami gejala tentang keputihan lakukan pencegahan dan jika sudah mengalaminya hendaklah untuk cepat penangananya, salam sehat selalu Denature Indonesia.

Paket Obat Untuk Membantu Penyembuhan Dari Penyakit Keputihan Yang Anda Sedang Alami Hubungi Kami Di : 0852 93 24 82 87 – 0877 3652 7305 – 0856 40 30 50 51